Posted by : Unknown
Jumat, 09 Oktober 2015
91 Relawan Siap Membantu Melayani Layanan Dapodikmen 24 Jam
Diposting Tanggal: 24 Juli 2015Yang Terhormat :
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
3. Kepala Sekolah SMA, SMK dan SMALB
4. Para Pengawas Sekolah Menengah
5. Operator Dapodikmen
di seluruh Indonesia
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dalam
rangka mendekatkan layanan asistensi dan bimbingan teknis penggunaan
Aplikasi Dapodikmen kepada SMA, SMK dan SMLB di seluruh tanah air, serta
menindaklanjuti arahan Mendikbud yang menekankan bahwa Pendidikan
sebagai sebuah gerakan, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah telah menetapkan 91 orang Relawan menjadi fasilitator
Dapodikmen Pusat (SK klik disini). Relawan ini nantinya akan bertugas bersama-sama dengan Tim Dapodikmen pusat untuk :
- Memantau performa aplikasi DAPODIKMEN;
- Memantau perolehan pengumpulan melalui aplikasi DAPODIKMEN di wilayah layanan yang telah ditetapkan;
- Membantu diseminasi kebijakan Dapodikmen pada wilayah layanan yang telah ditetapkan;
- Memberikan bantuan konsultasi, asistensi dan bimbingan teknis kepada stakeholder terkait pengoperasian Aplikasi DAPODIKMEN;
- Melakukan tindak lanjut terhadap permasalahan yang timbul terkait dengan penggunaan Aplikasi DAPODIKMEN;
- Memberikan masukan, saran dan rekomendasi terhadap pimpinan yang berhubungan dengan Konsultasi dan Bimbingan Teknis Sekolah dalam menggunakan Aplikasi DAPODIKMEN serta melaporkan hasil kerja kepada pimpinan;
- Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya Tim Fasilitator berpedoman pada Panduan Fasilitasi dan Kode Etik Fasilitator Dapodikmen yang telah ditetapkan.
Mengapa diperlukan Relawan sebagai Fasilitator ?
Dapodikmen
merupakan salah satu unsur pendukung pembangunan Pendidikan di
Indonesia jelas membutuhkan keterlibatan publik. Oleh karena itu
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah secara sadar melakukan
pelibatan publik dalam bersama-sama mengurusi data pendidikan di negeri
ini.
Pelibatan
publik sangat penting untuk memperkuat efektivitas birokrasi
pendidikan. Pelibatan publik ini menjadi prioritas dalam kebijakan
pendidikan nasional. Setidaknya ada tiga kerangka strategis atau
trisentra dalam membangun pendidikan dan kebudayaan di lima tahun ke
depan. Pertama, menguatkan pelaku pendidikan dan kebudayaan, yakni
guru, siswa, orangtua dan kepala sekolah untuk membentuk ekosistem yang
sehat dan kuat. Kedua, percepatan peningkatan mutu dan akses
pendidikan. Ketiga, mengembangkan efektivitas birokrasi pendidikan
melalui perbaikan tata kelola dan pelibatan publik.
Kami
(di birokrasi) mempunyai banyak sumber daya akan tetapi kami mempunyai
batasan-batasan dalam pelaksanaan program-program baik dalam tata aturan
maupun tata kelola. Di sisi lain, publik, masyarakat memiliki kebebasan
dan kreativitas yang begitu luas dalam turut mengembangkan pendidikan.
Sinergi pemerintah dan masyarakat akan dapat mempercepat tercapainya
tiga prioritas strategis ini.
Apa Karakteristik Fasilitator Dapodikmen ?
Fasilitator
yang dibentuk dan ditetapkan melalui surat keputusan yang oleh
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. Sebelumnya Fasilitator tersebut
sudah dipantau keaktifannya serta integritasnya sejak 1 tahun yang lalu
dan sudah dibekali dengan beberapa kali “Training Of Trainer (TOT)”.
Fasilitator Dapodikmen ini bersifat SUKARELA. Fasilitator Dapodikmen merupakan RELAWAN
yang menyumbangkan waktu, tenaga dan talentanya untuk memenuhi suatu
kebutuhan Sekolah Menengah (SMA, SMK dan SMLB) terkait dengan
implementasi aplikasi dapodikmen TANPA MENGAMBIL KEUNTUNGAN FINANSIAL atas sumbangannya tersebut.
Mengapa Fasilitator Dapodikmen berasal dari operator/guru SMA, SMK dan SMLB?
Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah sebelumnya telah menetapkan
beberapa fasilitator dari Unsur Dinas Pendidikan Propinsi. Kemudian yang
saat ini berasal dari unsur sekolah. Hal ini dilakukan karena di
lapangan sangat dibutuhkan SDM yang memahami TIK lebih baik sehingga
dapat membantu SMA, SMK dan SMLB yang kesulitan dalam mengoperasikan
Aplikasi Dapodikmen. Selanjutnya Insya Allah secara bertahap juga akan
menentapkan fasilitator dari unsur Dinas Pendidikan Kab/Kota dan unsur
LPMP yang didahului dengan pembekalan-pembekalan kemampuan dasar TIK dan
Aplikasi Dapodikmen.
Bagaimana Fasilitator Dapodikmen melayani 24 Jam ?
Dalam
melaksanakan tugasnya para Fasilitator dibagi ke dalam beberapa
wilayah. Pada setiap wilayah tersebut dibuat group-group komunikasi dan
bimbingan secara online 24 Jam dengan menggunakan media sosial seperti
Whatapps, Facebook Pribadi, dan Email. Selain itu Ditjen Dikdasmen juga
menyediakan Forum Khusus Helpdesk secara On-line. Selanjutnya kami
persilahkan bapak/ibu operator Dapodikmen untuk dapat bergabung dengan
group-group yang sudah disediakan dengan menghubungi para fasilitator.
Bagaimana menjaga Profesionalisme Fasilitator Dapodikmen ?
Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yang sebelumnya Ditjen
Pendidikan Menengah telah menetapkan Panduan Fasilitasi dan Kode Etik
Fasilitator Dapodikmen. Panduan ini akan memberikan acuan atau
rambu-rambu dalam fasilitasi kegiatan dapodikmen di lapangan yang
dilakukan oleh Fasilitator Dapodikmen yang telah ditetapkan oleh Ditjen
Dikdasmen. (Silahkan Download Panduan disini).
Selanjutnya,
kami mohon bantuan Kepala Sekolah dari fasilitator yang telah
ditetapkan untuk dapat memberikan dukungan penuh sehingga tugas-tugas
Negara ini dapat dijalankan dengan baik. Selanjutnya kami juga sampaikan
penghargaan yang tinggi kepada Kepala Sekolah yang telah mampu membina
para operator/gurunya sehingga memiliki kemampuan TIK dan integritas
baik sehingga dapat membantu kami dalam menciptakan efektifitas
birokrasi pendataan pendidikan di Indonesia.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Kepala Sub Bagian Data dan Informasi
Pendidikan Menengah
Arie Wibowo Khurniawan
Related Posts :
- Back to Home »
- Dapodik »
- 91 Relawan Siap Membantu Melayani Layanan Dapodikmen 24 Jam
